Wolly Pimpin Jalan Sehat Puskesmas Mergangsan

EDP Yogya - Di Bulan November siang hari terasa lebih panjang dibanding malamnya. Karenanya, Jumat (10/10) pkl. 06.00 WIB pagi itu sinar matahari telah terasa hangat mengenai kulit. Beruntung halaman Gedung Serba Guna Kelurahan Mergangsan tertutup bangunan-bangunan berukuran tinggi hingga sinar matahari tertahan sementara. Aktivitas warga yang mengerumuni tiga meja berukuran panjang tak sedikitpun terganggu olehnya. Mereka tengah mendaftar ulang untuk mengikuti Jalan Sehat yang diadakan oleh Puskesmas Mergangsan.

Suara pembawa acara memandu setiap peserta yang baru tiba untuk mendaftar ulang. Sesekali diiringi candaan sekaligus mengenalkan pihak-pihak yang berpartisipasi dan mendirikan booth di acara tersebut, termasuk EDP Yogya. Suara pembawa acara semakin lantang ketika Wolly tiba. Bagian tengah halaman parkir itu langsung dikosongkan agar tiga sepeda Wolly yang mengarak dua banner leluasa memamerkan dirinya. Sontak, peserta yang hadir mendekati Wolly untuk sekedar berswafoto maupun mengikuti permainan yang dibawa.

Ket. gambar: Peserta jalan sehat mengunjungi booth EDP Yogya

Puskesmas Mergangsan mengadakan acara jalan sehat tersebut untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional 2017. dr. Abdul Latief, Kepala Puskesmas Mergangsan mengatakan bahwa acara tersebut diadakan sekaligus untuk memasyarakatkan program Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dan Abipraya (Program Puskesmas Mergangsan yang menyasar kalangan remaja). “Kami melibatkan aparat lintas sektor, PKK, pelajar, remaja dan juga manula,” jelas dr. Latief. Ia berinisiatif melibatkan EDP Yogya, khususnya Wolly, karena terkesan dengannya saat acara pelepasan perdana di Kelurahan Tegalrejo.

Ket. gambar: Wolly memimpin jalan sehat yang diadakan oleh Puskesmas Mergangsan

Wolly mendapat kehormatan untuk memimpin jalan sehat. Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Purwadi berkenan melepas keberangkatan jalan sehat yang menempuh rute tidak terlalu jauh itu. Selain memasyarakatkan program Germas ia juga berpesan agar masyarakat terlibat dalam penelitian EDP Yogya dengan menjaga ember berisi telur nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia. “Ini adalah metode alami untuk mengendalikan demam berdarah,” ungkap Heru dalam sambutannya.

Acara berjalan lancar. Dimulai tepat waktu, diakhiri tepat waktu pula sesuai agenda. Wolly sukses menjalankan tugas memimpin jalan sehat. Booth EDP Yogya sukses menarik animo pengunjung dengan minilab dan kuis cari katanya. Tak hanya menyampaikan perihal penelitian, Wollyboy dan Wollygirl yang bertugas menumbuhkan kepedulian warga tentang kewaspadaan DBD memasuki musim hujan.


Baca juga:

Warga Jomblangan Ajak EDP Yogya Meriahkan HUT RI Ke-72

Berjalan bersama warga Singosaren