Berita

Warga sebagai Partisipan bukan Obyek Penelitian


  Mau dipasang ember to mbak? Nggih monggo dipasang mawon,” (Akan dipasangi ember lagi kan mbak, ya mari silahkan saja),” tutur...
View details

Kamisah: Ingin Anak Cucu Bebas DBD


 Menjadi Jumantik di Dusun Singosaren 3 adalah peran sosial yang sudah dilakoni Kamisah (46) sejak 20 tahun silam. Sebagai kader kesehatan,...
View details

Menyongsong Jogja tanpa DBD


Setelah Sleman dan Bantul, sejak Februari 2015, EDP-Yogya memulai pemasangan 134 perangkap nyamuk di Kota Yogyakarta. Tujuan pemasangan perangkap nyamuk ini adalah untuk mendapatkan data dan pola populasi Aedes aegypti.
View details

Penelitian Ini Harus Berhasil: Audiensi Ketiga EDP-Yogya dengan Gubernur DIY


Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X berharap penelitian penanggulangan demam berdarah yang dilaksanakan Fakultas Kedokteran UGM dan Yayasan Tahija mampu mengurangi angka kejadian demam berdarah dengue.
View details

Mengawal Sejak Awal


Semua kecamatan dan kelurahan di Kota Yogyakarta merupakan wilayah endemis DBD. Sampai hari ini jumlah penderita DBD di Kota Yogyakarta mencapai 260 orang
View details

Menjentik Para Jumantik


Juru Pemantau Jentik (Jumantik) adalah anggota masyarakat yang secara sukarela memantau keberadaan jentik nyamuk Aedes aegypti di lingkungannya. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mendorong masyarakat melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara rutin.
View details

Menjaga Kepercayaan


Hasil penelitian Eliminate Dengue Project Yogyakarta (EDP-Yogya) di Kabupaten Sleman terlihat sesuai harapan. Prosentase nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia di wilayah Nogotirto dan Kronggahan berkisar di antara rentang 80-95% sejak pertama kali dilepaskan di bulan Januari hingga Juni 2014
View details

BG-Trap: Hanya untuk mengumpulkan bukan untuk mengurangi jumlah nyamuk


Pemasangan perangkap nyamuk BG-Trap di Kota Yogyakarta
View details

Bersama Melawan Demam Berdarah


Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia memiliki siklus 3-5 tahunan. Ketika memasuki siklus tersebut kita perlu mewaspadai ledakan kasus demam berdarah.
View details

Dialog Interaktif EDP-Yogya dan Dinas Kesehatan DIY di Rakosa Female Radio


Indonesia memasuki siklus lima tahunan demam berdarah dengue (DBD) pada tahun 2015 ini. Untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat, Eliminate Dengue Project Yogyakarta (EDP-Yogya) bersama dengan Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta mengagendakan serangkaian dialog interaktif di radio dan televisi untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang cara pencegahan dan penanggulangan DBD
View details

Audiensi dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta


Tim Eliminate Dengue Project Yogyakarta (EDP-Yogya) bertemu dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dr. Vita Yulia, Mkes untuk memaparkan perkembangan kegiatan penelitian di Kabupaten Sleman dan Bantul, serta rencana memantau populasi nyamuk di Kota Yogyakarta.
View details

Konferensi Pers EDP Yogya: UGM Menghimbau Masyarakat untuk Waspada DBD


Di DIY, dalam 10 tahun terakhir angka kejadian DBD menunjukkan peningkatan dengan  angka kejadian mencapai puncaknya di bulan Januari hingga April. Tahun 2015 juga merupakan tahun dimana siklus 5 tahunan DBD terjadi.
View details

EDP Menerima Kunjungan Mahasiswa Eklektik Monash University


EDP-Yogya menerima kunjungan 15 mahasiswa Monash University, Australia. Mereka adalah peserta program elektik yang sedang melaksanakan kegiatan di Indonesia.
View details

Antara News Yogya: UGM kembangkan imun penjinak nyamuk Aedes aegypti


Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta melakukan penelitian guna menanggulangi wabah penyakit demam berdarah dengue yang disebarkan...
View details

Melayani dengan Hati


Keberadaan tim surveillance adalah bentuk dukungan EDP-Yogya kepada masyarakat di wilayah penelitian. Tugas utama tim ini adalah melakukan pemantauan kejadian demam di masyarakat yang merupakan gejala awal demam berdarah dengue (DBD).
View details

Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Peneliti dengan Masyarakat Jomblangan


Eliminate Dengue Project Yogyakarta bersama tokoh-tokoh masyarakat Jomblangan menandatangani lembar kesepakatan kegiatan penelitian penanggulangan DBD menggunakan metode Wolbachia.
View details

Peletakan serentak ember telur ber-Wolbachia di Dusun Jomblangan oleh Muspika Banguntapan


Eliminate Dengue Project Yogyakarta melaksanakan peletakan serentak pertama ember telur ber-Wolbachia di Dusun Jomblangan pada Rabu, 10 Desember 2014.
View details

EDP-Yogya Mengudara di Taman Gabusan TVRI Yogya


Pemerintah Kabupaten Bantul menggandeng EDP-Yogya untuk menyapa pemirsa Yogyakarta melalui acara “Taman Gabusan”.
View details

Membincang  DBD dengan Kaum Muda  Singosaren dan Jomblangan


Penyakit Demam Berdarah Dengue tidak pandang usia. Bisa menyerang siapa saja, termasuk kaum muda.
View details

Mendidik Anak Hidup Sehat Lewat Gambar:Lomba Gambar EDP-Yogya di Bantul


Gambar bicara lebih banyak dari kata-kata. Gambar juga media yang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar sesuatu, termasuk pola hidup bersih dan sehat.
View details

Berita Archive