Berita

Pengendalian DBD Butuh Riset dan Inovasi Teknologi


Ancaman penyakit demam berdarah dengue terus membayangi di Indonesia. Selain implementasi kebijakan pemberantasan sarang nyamuk, riset dan inovasi teknologi diperlukan untuk mengendalikan penyakit yang ditularkan nyamuk itu.
View details

Mereka Berperang Melawan Nyamuk


Orang-orang ini ibarat telik sandi yang menyelidiki kelemahan lawan. Mereka adalah para peneliti yang memburu jentik, mengumpan diri sebagai santapan nyamuk, dan membedah renik virus dan parasit yang dibawa nyamuk.
View details

Bekerjasama dengan WMP, Pemkot Yogyakarta Pantau Penyebaran Nyamuk


Pemerintah Kota Yogyakarta bekerjasama dengan UGM dan World Mosquito Program (WMP) kembangkan proyek pemantauan nyamuk Aedes aegypti alias nyamuk...
View details

Populasi Aedes Aegypti Naik, Pun Nyamuk Ber-Wolbachia


Tingginya kasus demam berdarah dengue (DBD) mendorong Pemkot Iogja berbenah. Meski, jumlah kasus penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti di Kota Jogja mengalami penurunan. Di antaranya dengan mendukung pengembangan teknologi nyamuk berwolbachia.
View details

DBD Renggut 5 Nyawa di Kalimantan Selatan


Demam berdarah dengue merebak di Kalimantan Selatan. Sejak awal Januari hingga pekan pertama Februari 2019, ada 691 kasus DBD di Kalsel. Lima orang di antaranya meninggal, dengan rincian di Kota Banjarbaru 3 orang, Kabupaten Tapin 1 orang, dan Tanah Laut 1 orang.
View details

Demam Berdarah Meningkat


Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Yogyakarta mengalami peningkatan. Sepanjang Januari 2019, tercatat ada 35 kasus. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan periode sama di tahun 2018 yang hanya ada tujuh kasus dan tidak ada korban meninggal dunia.
View details

Fogging Mulai Digencarkan


Jumlah pasien DBD di sejumlah daerah bertambah. Bahkan, sudah beberapa orang meninggal akibat sengatan nyamuk Aedes aegypti tersebut. 
View details

Awas DBD Datang


Hujan yang terus mengguyur ternyata meningkatkan jumlah kasus demam berdarah dengue di sejumlah wilayah Indonesia. Hingga akhir Januari 2019, Kementerian Kesehatan mencatat ada 15.132 kasus dengan angka kematian 145 jiwa.
View details

Mengatasi DBD dengan Wolbachia


Peneliti yang tergabung di World Mosquito Program Yogyakarta tengah menuntaskan penelitian menanggulangi demam berdarah dengeu (DBD). Caranya dengan menggunakan nyamuk ber-wolbachia, hasilnya efektif mengatasi dengeu. 

View details

Berita Archive