Mendidik Anak Hidup Sehat Lewat Gambar:Lomba Gambar EDP-Yogya di Bantul

 

Gambar bicara lebih banyak dari kata-kata. Gambar juga media yang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar sesuatu, termasuk pola hidup bersih dan sehat. EDP-Yogya bersama dengan Pemerintah Dusun Singosaren dan Jomblangan, Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan lomba gambar dan mewarnai dengan tema “Lingkunganku Sehat”. Acara yang digelar pada pagi hari tersebut berlangsung  meriah dan ekspresi kegembiraan sangat terasa.

 Lomba  gambar dilaksanakan pada tanggal 9 November untuk Padukuhan Singosaren dan  tanggal 30 November di Padukuhan Jomblangan yang diikuti oleh masing-masing sekitar 100 an peserta . Lomba terbagi dalam dua kategori, yaitu lomba mewarnai untuk anak-anak tingkat PAUD/TK dan lomba menggambar untuk tingkat SD.

Di samping lomba, di lokasi kegiatan juga dihadirkan mini laboratorium EDP Yogyakarta yang berisi alat-alat penelitian seperti perangkap nyamuk dan kandang  yang berisi nyamuk Aedes Aegypti ber-Wolbachia. Warga yang didominasi oleh kaum ibu dan anak-anak  sangat antusias untuk melihat dan bertanya kepada petugas mengenai cara kerja penelitian.

 Menjelang berakhirnya kegiatan, anak-anak masih dihibur dengan cerita mengenai nyamuk dan yang disisipi oleh kuis berhadiah. Pemberian hadiah bagi para pemenang merupakan puncak dari acara yang dilakukan bersama warga setempat ini.

 “Lewat acara ini diharapkan anak-anak belajar untuk mengenal pentingnya memiliki lingkungan hidup yang bersih dan sehat. Orang tua juga diharapkan memberikan contoh perilaku bersih dan sehat karena anak-anak belajar dari meniru”, demikian papar Bekti Andari, Peneliti Sosial dan Koordinator Pelibatan Masyarakat EDP-Yogya.