Membincang  DBD dengan Kaum Muda  Singosaren dan Jomblangan

Membincang  DBD dengan Kaum Muda  Singosaren dan Jomblangan

Penyakit Demam Berdarah Dengue tidak pandang usia. Bisa menyerang siapa saja, termasuk kaum muda. Pengetahuan yang memadai mengenai penyakit ini dapat mencegah terjadinya penularan. Untuk itu, EDP Yogya melakukan sosialisasi dengan sasaran kaum muda di wilayah penelitian.

Sosialisasi menyasar kaum muda yang tergabung dalam Karang Taruna di wilayah Banguntapan, Bantul dilakukan di Dusun Singosaren pada 15 November dan disusul dengan  kegiatan serupa  di  Dusun Jomblangan pada 30 November.

EDP Yogya menayangkan film kartun pendek yang berisi cara kerja Wolbachia dalam menghambat penularan virus demam berdarah dan film semi dokumenter mengenai penyebaran nyamuk di Kabupaten Sleman -- wilayah penelitian sebelum Kabupaten Bantul.

Beragam pertanyaan  muncul dari para pemuda, diantaranya mengenai kemungkinan nyamuk ber-Wolbachia menularkan penyakit-penyakit lain misalnya Chikungunya.

“ Penelitian menunjukkan bahwa selain menghambat penularan viru dengue di dalam tubuh nyamuk, bakteri Wolbachia juga terbukti menghambat penularan beberapa jenis  penyakit lain yang dibawa oleh Aedes Aegypti, termasuk Chikungunya”, papar Bekti Andari, Kordinator pelibatan masyarakat dan peneliti sosial EDP Yogya.

Di akhir acara, sebagian peserta sosialisasi menyatakan ketertarikan untuk mengunjungi fasilitas penelitian di lingkungan UGM terutama insektarium untuk melihat secara langsung proses penelitian. Seperti yang sudah dilakukan sebelumnya, EDP Yogya terbuka untuk memfasilitasi masyarakat berkunjung ke fasilitas penelitian.