Peletakan serentak ember telur ber-Wolbachia di Dusun Jomblangan oleh Muspika Banguntapan

 

Eliminate Dengue Project Yogyakarta melaksanakan peletakan serentak pertama ember telur ber-Wolbachia di Dusun Jomblangan pada Rabu, 10 Desember 2014. Peletakan ini dilaksanakan setelah Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Pakualam IX secara simbolis meletakan ember telur ber-Wolbachia di kediaman keluarga Widi Purwanto, warga RT 9, Dusun Jomblangan  dua hari sebelumnya. Peletakan simbolis ini menandai dimulainya kegiatan penyebaran Wolbachia di Dusun Jomblangan.

Kegiatan ini dihadiri jajaran Muspika Banguntapan yang diwakili oleh Camat Banguntapan, Slamet Santoso, SIP, Danramil Banguntapan, Kapten Suyadi, Kepala Puskesmas Banguntapan 3, Sri Rejeki Arum, SKM, dan Dukuh Jomblangan, Basyirudin sebagai salah satu wujud dukungan pemerintah daerah terhadap penelitian. Pada kesempatan ini, tim peneliti EDP menjelaskan kembali tujuan dan prosedur  pelaksanaan penelitian penanggulangan DBD di wilayah tersebut. Aparat Kecamatan Banguntapan juga mendapat penjelasan tentang cara peletakan ember telur ber-Wolbachia, peta wilayah peletakan, serta prosedur penyiapan ember ber-Wolbachia. Pada peletakan kali ini, EDP Yogya menitipkan ember ber-Wolbachia di 115 rumah warga yang tersebar di 11 RT. Ember tersebut akan dipantau setiap dua hari sekali oleh petugas EDP Yogya untuk memastikan kondisinya tetap terjaga. Antara 7-10 hari setelah peletakan, ember-ember tersebut akan diambil. Dalam kurun waktu tersebut, telur sudah akan menetas menjadi nyamuk dewasa. Sebelum penitipan ember dilakukan, sehari sebelumnya, tim peneliti berkunjung ke rumah-rumah warga untuk menanyakan kesiapan sekaligus mendengar masukan dan pandangan mereka.

Camat, Danramil, dan Kepala Puskesmas Banguntapan 3 meletakkan ember telur ber-Wolbachia di tiga rumah warga. Pada kesempatan ini, Camat Banguntapan berpesan kepada warga untuk turut menjaga ember tersebut. Menurutnya, partisipasi masyarakat pada kegiatan penelitian ini sangat penting demi tercapainya tujuan yang diinginkan bersama.

“Saya berharap kegiatan penelitian EDP-Yogya di Dusun Jomblangan ini bisa berhasil. Jika penelitian ini berhasil, saya ingin peletakan ember telur ber-Wolbachia ini bisa dilakukan di seluruh wilayah Kecamatan Banguntapan,tidak terbatas di dua padukuhan saja.” ungkap Camat Banguntapan, Slamet Santoso, SIP.