Berjalan Bersama Masyarakat

“Ini lho mas, kalau mau lihat seperti apa telur nyamuk," ajak Hartilah, kader kesehatan Nogotirto kepada seorang warga saat mendampingi tim lapangan Eliminate Dengue Project Yogyakarta (EDP-Yogya) mengambil sample telur nyamuk di Dusun Ponowaren.

Kegiatan penelitian EDP-Yogya di wilayah Nogotirto berlangsung sejak tahun 2011. Penelitian ini dapat berjalan berkat kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya adalah kader kesehatan. Kader kesehatan adalah kelompok masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap masalah kesehatan. Mereka memiliki kegiatan rutin seperti posyandu, PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dan penyuluhan kepada masyarakat.

Komitmen mereka terhadap kesehatan masyarakat sejalan dengan tujuan penelitian EDP-Yogya untuk mengurangi penularan demam berdarah dengue (DBD). “Kami senang sekali pas dimintai bantuan oleh EDP-Yogya. Berkeliling di masyarakat bukan hal baru lagi bagi kami," tegas Hartilah. Beliau adalah satu dari beberapa kader kesehatan yang mendampingi tim lapangan EDP-Yogya memasang ovitrap di rumah-rumah warga. “Sekalian silaturahmi dengan tetangga," imbuhnya.

Hartilah sering menjadi rujukan bagi warga yang belum paham dengan penelitian EDP-Yogya. Menurutnya, banyak warga di lingkungannya yang harus diberi penjelasan intensif terutama menjelang pelepasan nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia awal tahun 2014 lalu.

Kegiatan rutin yang dilakukan EDP-Yogya bersama kader kesehatan adalah pertemuan bulanan. Pertemuan ini diikuti oleh perwakilan 19 RT di Dusun Karangtengah dan Ponowaren. Para kader antusias mengikuti pertemuan karena selain mendapatkan informasi perkembangan penelitian, mereka juga mendapatkan pengetahuan tentang kesehatan yang diharapkan bermanfaat bagi masyarakat. “Jadi kalau ada warga yang tanya, saya bisa menjawab, mas,” tutupnya di akhir perbincangan.