Gandeng Muspika se-Kota untuk Peduli DBD

EDP Yogya- Penelitian EDP-Yogya mendapat dukungan penuh dari seluruh peserta sosialisasi yang terdiri dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan kecamatan (Forkompimka) di sembilan kecamatan yang sudah dikunjungi. Mereka sangat antusias dan beberapa peserta nampak kecewa ketika mengetahui wilayahnya tidak termasuk dalam wilayah yang akan dititipi telur nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia.  

 Warga ingin berpartisipasi lebih dalam penelitian ini, tidak sekedar menjadi saksi atas pelepasan dilakukan di tempat lain. Kesembilan kecamatan yang sudah dikunjungi tersebut adalah Tegalrejo, Wirobrajan, Jetis, Ngampilan, Gondomanan, Kraton, Mantrijeron, Danurejan dan Mergangsan. EDP-Yogya masih terus menggandeng Kecamatan lainnya untuk memastikan informasi tersebar merata. 

“Apakah wilayah Mantrijeron termasuk yang akan dilepaskan?”, “Apa yang harus kami lakukan untuk “ancang-ancang” jika wilayah kami terpilih menjadi tempat penitipan telur”, “Apakah kami harus berhenti melakukan fogging atau Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) jika ada Wolbachia?” demikian beberapa pertanyaan yang diajukan peserta yang terdiri dari Camat, Lurah, Kepala Polisi Sektor, Komandan Rayon Militer, Kepala Puskesmas dan Kepala Kantor Urusan Agama di tiap kecamatan.

Pada kesempatan tersebut, EDP-Yogya menyampaikan bahwa terdapat dua jenis wilayah di Kota yang akan digunakan untuk penelitian, yaitu wilayah yang mendapat titipan telur nyamuk dan wilayah pembanding yang dipilih secara acak. Kedua wilayah sama pentingnya dan memerlukan dukungan aktif dari warga.  Penitipan telur nyamuk akan dilakukan secara bertahap mulai pertengahan tahun 2016. Pendekatan ini tidak mengharuskan warga mengubah kebiasaan pengendalian DBD yang sudah sering dilakukan, karena Wolbachia merupakan alternatif pengendalian DBD. EDP-Yogya berharap seluruh peserta akan menjadi tokoh kunci yang akan menjadi rujukan masyarakat terkait penelitian dan  cara partisipasi warga, mengingat forum ini adalah forum kelompok masyarakat yang sangat strategis.