Wakil Gubernur DIY Dukung EDP-Yogya

EDP-Yogya – Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Paduka Paku Alam X, mendukung penuh penelitian pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan metode Wolbachia yang dilakukan oleh Eliminate Dengue Project Yogyakarta (EDP-Yogya) pada sambutan yang diberikan di acara peletakan perdana telur Aedes aegypti ber-Wolbachia Rabu (31/08) pagi.

"Atas nama Pemerintah Provinsi DIY, saya menyambut baik dan memberikan dukungan sepenuhnya atas terlaksananya pengembangan inovasi teknologi pengendalian DBD melalui Aedes aegypti ber-Wolbachia," ujar Wagub pada sambutannya.

Wakil Gubernur DIY memberikan sambutan pada acara peletakan perdana telur nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia (31/08).

 

Wagub turut memberikan penjelasan bahwa bentuk kerjasama pengendalian penyakit demam berdarah merupakan strategi alternatif selain metode yang telah dibuat pemerintah kepada masyarakat luas yaitu Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Ia mengatakan metode untuk melawan penyakit tersebut sedang dilakukan oleh Unversitas Gadjah Mada (UGM) dengan Yayasan Tahija selaku penyandang dana penelitian EDP-Yogya.

“Perlu diketahui, selain PSN, pemerintah melalui UGM bekerjasama dengan Yayasan Tahija mengembangkan inovasi pemberantasan DBD dengan nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia melaui EDP-Yogya,” tambahnya.

Wagub pada akhir sambutan acara yang diadakan di Gedung Sasana Wiratama, Tegalrejo, tersebut menghimbau kepada seluruh warga untuk dapat ikut mendukung penelitian ini pula. Ia berharap nantinya penelitian ini dapat berjalan lancar dan tidak ada lagi kasus penularan DBD di lingkungan masyarakat.

“Saya berharap program (penelitian) ini dapat didukung sepenuh hati dan secara sinergis oleh seluruh komponen masyarakat demi berkurangnya atau bahkan hilangya DBD di lingkungan sekitar kita,” tutupnya diikuti tepuk tangan seluruh tamu undangan.