Manfaatkan Peluang, EDP-Yogya Hadir di PMPS

EDP-Yogya - Petang ini tak berbeda dengan hari-hari sebelumnya, hujan turun. Sejatinya Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) akan lebih semarak di penghujung pekan seperti ini. Namun sepertinya hujan di sore hari membuat warga Jogja lebih memilih untuk menghabiskan waktu di rumah.

Berbeda dengan RM. Pinten. Berbekal payung, pria 59 yang masih kerabat Keraton Yogyakarta ini memilih tetap mengunjungi PMPS di Alun-alun Utara Yogyakarta. Ia berencana mengunjungi gerai pemeriksaan kesehatan. Niat itu ia urungkan ketika melihat booth berisi kandang nyamuk yang dijaga oleh petugas mengenakan kostum yang cukup atraktif. “Ini nyamuk wolbachia itu ya?” tanyanya sambil mendekat ke booth. Perbincangan pun berlanjut hingga beberapa saat.

“Besok pagi di tempat saya diadakan fogging swadaya,” ungkapnya. Warga di kampungnya khawatir akan resiko demam berdarah dengan banyaknya nyamuk saat ini. Menurut mereka, nyamuk terasa bertambah di pagi dan sore hari. “Tapi kalau Wolbachia ini berhasil, tidak perlu fogging lagi ya mas?” tanyanpria yang tinggal di Kamendaman Suryodiningratan ini penuh keyakinan. Warga di kampungnya menyambut baik penelitian EDP-Yogya setelah diadakan sosialisasi beberapa waktu yang lalu. Bahkan jika nyamuk ber-Wolbachia ini dijual, ia ingin membelinya.

Ket. gambar: RM Pinten mengamati nyamuk ber-Wolbachia di Booth EDP-Yogya

Di pekan ketiga ini, EDP-Yogya masih setia hadir di PMPS. Menempati salah satu sudut booth Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, EDP-Yogya hadir sejak pembukaan PMPS pada 18 November 2016. Meski hanya di Sabtu dan Minggu malam, kehadiran EDP-Yogya cukup menarik pengunjung. “Dinas Kesehatan meminta kuis “Cari Kata” tetap ada di booth meski tidak ditunggui oleh staf EDP-Yogya,” terang Sylva Haryosaputro, koordinator event EDP-Yogya.

Sebuah usaha tak kenal lelah untuk menumbuhkembangkan kesadaran akan resiko demam berdarah dengue. EDP-Yogya hadir di pertemuan-pertemuan warga, media massa, dan event-event strategis untuk mensosialisasikan penelitian yang akhirnya masih panjang.

Artikel terkait:

Lima Menteri Kunjungi EDP-Yogya di Pameran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

Sosialisasi dengan Kata Tersembunyi