Tahun 2022 Nyamuk Menyasar Seluruh DIY

Pemerintah DIY bersama tim Eliminate Dengue Project (EDP) Universitas Gadjah Mada (UGM) akan terus  memperluas area penyebaran nyamuk Ades aegypti untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah. Dari upaya itu ditargetkan seluruh wlayah DIY akan disebar nyamuk ber-wolbachia pada 2022 nanti.

 

Baca Juga : PENELITIAN WOLBACHIA : 8.000 Telur Nyamuk Bakal Disebar
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menjamin penelitian tentang nyamuk Aedes aegypti yang dilakukan oleh EDP UGM akan terus berlangsung. Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu menegaskan, penelitian nyamuk ber-wolbachia hanya sia-sia belaka bila cuma dilakukan setengah jalan saja.

“Dari itu saya harapkan pada 2022 nanti semua wilayah di DIY ini sudah bisa dikover nyamuk wolbachia,” ujar Sultan usai melakukan pemantauan nyamuk wolbachia di Insektarium Sekip, Selasa (14/2/2017).

Dalam kunjungan itu  Sultan berkesempatan melihat langsung langsung ribuan nyamuk Aedes aegypti ber wolbachia yang dikembangbiakkan di laboratorium tersebut. Bahkan Sri Sultan menyaksikan proses pemberian pakan nyamuk dengan darah manusia di mana lengan si pendonor yang dimasukkan dalam sebuah tabung untuk digigit nyamuk secara bergantian.