Gubernur DIY  Relakan Tangannya Digigit Nyamuk

EDP Yogya –Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengunjungi insektarium EDP Yogya (14/02) dan merelakan salah satu tangannya digigit nyamuk ber-Wolbachia.  Selama sekitar lima menit, Sultan merasakan sensasi gigitan nyamuk yang diharapkan mampu mengurangi beban dengue di Kota Yogyakarta .

Di insektarium yang terletak di bilangan perumahan dosen UGM ini Sri Sultan meninjau persiapan EDP Yogya terkait rencana penitipan ember berisi telur nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia di Kota Yogyakarta tahap kedua. “Insektarium ini bisa memproduksi satu juta telur tiap minggu,” jelas Warsito Tantowijoyo, ahli serangga EDP Yogya kepada Sri Sultan di ruang pembiakan nyamuk. Di ruangan ini pula Sri Sultan menyaksikan demo penetasan telur nyamuk yang menetas kurang lebih lima menit saja. “Seperti uget-uget ya,” sebut Sri Sultan sambil mengamati larva melalui mikroskop di ruang identifikasi nyamuk.

Ket. gambar: Warsito Tantowijoyo menunjukkan telur nyamuk ber-Wolbachia yang akan dititipkan ke warga

Usai berkeliling, Sri Sultan menerima pemaparan dari Project Leader EDP Yogya, Prof. Adi Utarini, tentang kemajuan penelitian. Sri Sultan puas dengan kemajuan hasil penelitian Aedes aegypti ber-Wolbachia yang telah dimulai sejak 2011 lalu. Ia juga antusias dengan rencana kolaborasi dengan Pemda DIY dan langsung meminta Kepala Bappeda DIY untuk mengakomodasi rencana tersebut dalam rencana pembangunan daerah. Pada kesempatan tersebut juga hadir Rektor UGM Ir. Dwikorita Karnawati, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi, Ketua Dewan Riset Daerah dan beberapa jajaran Pemprov lainnya.

 Lebih lanjut, Prof. Adi menjelaskan, saat ini EDP-Yogya tengah memasuki fase ke-3 penelitian yang bertujuan untuk membuktikan dampak Wolbachia pada penurunan kasus DBD. Tahap ini direncanakan akan dilakukan hingga tahun 2019.  “Harapannya tiga tahun setelah 2019, kami dapat bekerja sama dengan Pemda untuk memperluas penelitian di DIY,” jelas Prof. Adi. Menyikapi hal tersebut Sri Sultan menyampaikan harapannya terkait perluasan wilayah pelepasan pelepasan Wolbachia. “Harapannya tahun 2022 seluruh DIY sudah bisa dicover semua nyamuk dari sini,” papar Sri Sultan di hadapan awak media.

 

Artikel terkait:

Lima Mentri Kunjungi EDP Yogya di Pameran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

Kunjungan Bill Gates ke Eliminate Dengue Project Indonesia