Peletakan Ember Ber-Wolbachia di Balai Kota Berjalan Lancar

EDP Yogya – Kompleks Balai Kota Yogyakarta termasuk dalam wilayah yang mendapat penitipan ember berisi telur nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia oleh Eliminate Dengue Project (EDP) Yogya. Peletakan perdana dilakukan pada Selasa (25/4) pagi.

Mempertimbangkan luasannya, EDP Yogya meletakkan 24 ember di sudut-sudut Balai Kota Yogyakarta yang cukup luas itu. Rubangi, staf Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta meletakkan ember secara simbolis di halaman Kantor Dinkes Kota Yogyakarta. “Selamat bertugas, jika ada kesulitan hubungi saya saja,” pesan Rubangi kepada staf lapangan EDP Yogya yang bertugas pagi itu.

Kompleks perkantoran Balai Kota Yogyakarta terletak di wilayah Kelurahan Muja Muju yang pada saat yang bersamaan, juga menjadi wilayah yang mendapatkan  penitipan ember ber-Wolbachia. Endah Dwi Dinyastuti, Lurah Kelurahan Muja Muju meletakkan ember di halaman kantornya. Ia mempersilahkan EDP Yogya meletakkan ember di rumah warganya. Ia hanya memastikan bahwa rumah terpilih telah dihubungi sebelumnya.

 

Ket. gambar: Rubangi, Staf P2PL Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menerima ember berisi telur nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia di halaman kantor Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

Menjelang tengah hari staf lapangan EDP Yogya masih berjalan untuk dari satu titik peletakan ke titik lainnya. Tak jarang staf yang berjalan sambil menenteng hingga enam ember itu menjadi pusat perhatian. “Sudah biasa, warga sering memperhatikan kami seperti orang keheranan, tutur Heru Sulistyo, staf lapangan EDP Yogya.

 

Ket. gambar: Staf EDP Yogya berjalan di kompleks perkantoran Balai Kota Yogyakarta

Heru dan rekan-rekannya terbiasa menyiapkan hingga lebih dari sepuluh ember ketika menemukan sumber air untuk mengisi ember. “Tidak di setiap rumah kami mendapatkan akses air, imbuh Ita Ayundasari yang menemani Heru siang itu. Menurutnya, cara seperti ini dapat mempercepat proses meski harus menenteng ember yang sudah berisi air itu. “Jadi, sampai rumah terpilih, tinggal permisi dan meletakkan saja, “pungkas Ita sambil menenteng enam ember di tangan kanan dan kirinya.

Artikel terkait:

Tak Hanya di Rumah Warga, EDP Yogya Menitipkan Ember di Hotel

Kricak, Kelurahan Pertama untuk Disebari Nyamuk Anti DBD di Kota Yogya