Ketika Dokter Anak Bermain “Wire Loop Game” EDP-Yogya

Dengan serius perempuan berkacamata itu memainkan permainan yang dibawa oleh Eliminate Dengue Project Yogyakarta (EDP Yogya) pada acara 11th International Congress of Tropical Pediatrics (ICTP), forum dokter anak yang tertarik pada kesehatan anak-anak di wilayah tropis. Dr. Karma Senin (07/08) pagi telah mengulang permainan Wire Loop Game untuk kesekian kalinya. “Sudah 2 kali gagal, semoga yang ketiga menang,” ujarnya sambil tetap memainkan game yang berlatar wilayah penelitian EDP-Yogya tersebut. “Perlu konsentrasi tinggi nih biar bisa sampai finish,” lanjut dokter yang bertugas di salah satu rumah sakit di Jakarta ini.

Tak hanya Wire Loop Game, EDP-Yogya pun melakukan demo bloodfeed atau pemberian makan nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia di hadapan pengunjung pameran. Selain membuktikan bakteri Wolbachia aman bagi manusia, Ketua Panitia 11th ICTP, Prof. DR. Sri Rezeki Hadinegoro, meyakini demo pemberian makan nyamuk menjadi penarik perhatian peserta kongres yang berlangsung sejak Sabtu – Senin, 5 – 7 Agustus 2017 dan dihadiri oleh 500 peserta dari dalam dan luar negeri. “Demo bloodfeed bisa menjadi penarik kedatangan peserta yang datang,” ujarnya. Nampak pengunjung pameran antusias ketika melihat staff EDP Yogya memulai memberikan makan kepada ratusan nyamuk yang terdapat di dalam kotak persegi tersebut.

Ket. gambar: Staf EDP Yogya memperagakan bloodfeeding kepada pengunjung pameran

Staff EDP Yogya juga mengenalkan alat-alat yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan di Yogyakarta kepada ahli dan dokter anak baik dari dalam maupun luar negeri, seperti ember berisi telur nyamuk ber-Wolbachia dan alat perangkap nyamuk. Peserta kongres 11th ICTP yang mengunjungi pameran menyambut baik penelitian EDP Yogya. Salah satunya diutarakan oleh dr. Mansur S. Dokter anak asal Sumatera Utara berharap penelitian ini nantinya dapat berujung dengan hasil yang positif dan bisa diimplementasikan di kota asalnya. “Semoga sukses penelitiannya lalu kembangkan Ae. aegypti ber-Wolbachia di Medan,” harapnya usai mendapatkan penjelasan dari staff EDP-Yogya.

Ket. gambar: Pengunjung pameran memperhatikan penjelasan staf EDP yogya

Baca juga:

Sempat Salah kaprah, Warga Justru Yakin dengan Wolbachia

Manfaatkan Peluang, EDP-Yogya Hadir di PMPS